Minggu, 12 Agustus 2012

Lailatul Qadar

Tak terasa bulan ramadhan ini telah memasuki 10 hari terakhir, hari yang memiliki kelebihan keistimewaan dibandingkan yang lainnya di bulan ramadhan. Hari yang begitu di nanti, bukan karena setelah itu kita akan selesai berpuasa, dan bukan juga karena THR yang di nanti segera datang, salah satu keutamaan di 10hari terakhir bulan ramadhan adalah malam Lailatur Qadar.

Apakah Lailatul Qadar itu?
Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam Al-Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an(sumber wikipedia Indonesia).

Umat muslim biasanya meningkatkan ibadah mereka di sepertiga bulan ramadhan ini, beri'tikaf (berdiam diri di masjid dengan bermuhasabah untuk mengharap ridho Allah), banyak juga yang berdzikir membasahi bibir dengan melantunkan pujian-pujian kepada Allah, dan ada juga yang membaca Al-Qur'an.

 Apa keutamaan malam Lailatul Qadar itu sendiri?

 “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadr). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan (Lailatul Qadr) itu? Malam kemuliaan itu (Lailatul Qadr) lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. (Al-Qadr: 1-5)


Itulah keutamaan malam Lailatul Qadar dianugerahkannya satu malam yang mulia, malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Kapan malam itu terjadi?
Banyak ulama berpendapat bahwa malam itu terjadi di 10 malam terakhir di bulan ramadhan, ada pula yang mengatakan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir pada bulan ramadhan.

Semoga Allah selalu melimpahkan karunia-Nya salah satunya adalah malam Lailatul Qadar. Amin.




Judul: Lailatul Qadar
Ditulis oleh bpx
Rating Blog: 5 dari 5
Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar