Jumat, 24 Agustus 2012

Objek Wisata Kota Yogyakarta

7 Objek Wisata yang Menjadi Ikon Jogja

Liburan atau rekreasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress, mengisi waktu liburan dengan keluarga, atau berkumpul dengan teman-teman menikmati indahnya alam. Banyak tempat yang bisa menjadi tujuan lokasi wisata di Indonesia, setiap kota mempunyai tempat tujuan wisata yang menjadi kebanggaan daerahnya.

Berikut ini 7 tempat lokasi wisata yang menjadi ikon Jogja.

1. Pantai Parangtritis
















Di Yogyakarta ada beberapa pantai yang cukup terkenal salah satunya adalah pantai Parangtritis, selain itu juga ada Samas, Glagah, Baron, Kukup, Krakal. Pantai Parangtritis terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul kurang lebih 30 kilometer dari kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis menjadi ikon pariwisata kota Yogyakarta. Objek wisata ini di kelola oleh pemkab Bantul dengan menyediakan berbagai fasilitas antara lain penginapan, tempat parkir, pedagang souvenir, dan lain-lain

Di pantai parangtritis terdapat kuda dan kendaraan ATV yang dapat di sewa untuk menyusuri pantai. Menjelang sore hari, pantai ini merupakan objek yang menarik untuk menikmati sunset.

2. Malioboro
















Terletak di pusat kota Yogyakarta, merupakan kawasan wisata belanja yang terkenal dengan pedagang kaki lima menjajakan souvenir khas yogyakarta, warung makan lesehan khas jogja. Malioboro menjadi salah satu ikon pariwisata kota Yogyakarta, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tidak mampir ke Malioboro.

3. Candi Borobudur
















Candi Borobudur adalah candi budha, merupakan Salah satu objek wisata yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Candi ini terletak di Kota Magelang, jawa tengah kurang lebih 40 km dari Yogyakarta. Borobudur dibangun pada abad ke-8 (sekitar tahun 800-an masehi) pada masa pemerintahan dinasti wangsa syailendra. Borobudur berasal dari kata bara dan budur, bara berarti biara, sedangkan kata budur berarti diatas. Borobudur dapat diartikan biara yang terletak di atas bukit.

4. Candi Prambanan
















Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan, kurang lebih 20km sebelah timur Yogyakarta. Candi Prambanan adalah candi Hindu yang di bangun sekitar abad 9-an pada masa pemerintahan wangsa Sanjaya. Candi yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia.

5. Keraton Yogyakarta
















Terletak di pusat kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di bangun oleh Sultan Hamengku Buwono I setelah perjanjian Giyanti. Keraton Yogyakarta masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan aktifitas tradisi kesultanan, kini Keraton Yogyakarta juga sebagai tempat objek wisata yang dapat di kunjungi oleh para wisatawan. Di komplek keraton anda akan menikmati museum yang memamerkan kereta peninggalan keraton yogyakarta, pusaka, gamelan, dan lain-lain.

6. Kaliurang
















Terletak di Kabupaten Sleman, sekitar 25 km dari kota Yogyakarta. Kaliurang merupakan objek wisata alam dan merupakan tempat yang cocok untuk rekreasi keluarga. Terdapat fasilitas menarik untuk sarana rekreasi seperti taman, kolam renang, vila, bumi perkemahan, dan lain-lain.

7. Gembiraloka
















Gembiraloka adalah objek wisata kebun binatang. Gembiraloka juga merupakan objek wisata yang cocok untuk keluarga. Terdapat berbagai macam spesies seperti gajah, harimau, kuda nil, rusa, dan lain-lain.
Judul: Objek Wisata Kota Yogyakarta
Ditulis oleh bpx
Rating Blog: 5 dari 5
Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar